Kamis, 31 Mei 2012

hari tanpa tembakau sedunia vs banjir

31 mei diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia. berbagai macam cara dilakukan untuk memperingati hari ini. salah satunya saja kami yang berada di kota padang para farmasi yang bergabung dalam ISMAFARSI (Ikatan Senat MAhasiswa FARmasi Seluruh Indonesia) yang bekerja sama dengan DOMPET DUAFA memperingati hari ini dengan merencanakan long march yang akan digelar mulai dari mesjid nurul iman.

long march yang dalam perencanaan akan dimulai dari pukul 16.oo itu sedikit mengalami hambatan. kota padang yang diguyur hujan sejak pukul 15.00 kurang dengan frekuensi yang cukup deras dan mungkin bisa dibilang sangat deras tak menghalangi niatan kami bersama. walaupun hujan badai, masih ada yang tergerak untuk datang berpartisipasi. sungguh sebuah perjuangan manis untuk mengingatkan sesama akan bahaya merokok.

kami yang sudah berada di mesjid nurul iman tetap bersabar menunggu hujan reda hingga magrib. alhamdulillah, sesuai rencana akhirnya peringatan hari tanpa tembakau sedunia ini dapat kami realisasikan dengan sedikit perubahan rencana. ditemani rinai hujan kami menelusuri jalanan sekitaran mesjid untuk membagikan pamflet dan jus gratis.

aksi dilanjutkan dengan orasi singkat sambil memegangi spanduk di depan mesjid nurul iman, masih dengan ditemani rintik hujan tak patahkan semangat kami untuk mengingatkan warga kota padang yang hilir mudik dijalan.

ba'da isya saya pulang ke rumah ditebengi orang yang sebut saja namanya gugu. mengarungi jalanan yang mulai mengeluarkan hawa dingin menusuk. luar biasa dampak dari hujan hari ini, dimulai dari tumbangnya pohon didepan kantor polisi dekat adabiah yang memakan satu badan jalan dan pohon di alai yang memakan setengah badan jalan. tak luput lagi banjir dimana-mana, macet diakibatkan kendaraan yang mogok, sungguh sebuah cuplikan yang menyedihkan.

mengingat hari tanpa tembakau sedunia membuat sedikit wacana diotak saya, miris memang ketika kita mengingat masalah yang di hadapi negeri ini. dalam pikiran saya, hari tanpa tembakau ini bisa ada hubungannya dengan banjir.

coba kita telaah bersama, banjir yang kita hadapi salah satu contohnya saja dikota padang bisa saja diakibatkan dari beberapa faktor. mulai dari beberapa oknum masyarakat tidak disiplin yang tidak dapat membedakan mana tempat pembuangan sampah dengan sungai. hingga saluran irigasi air yang tidak baik perencanaannya.

bagaimana bisa saya menghubungkan banjir dengan rokok?

mari kita coba berpikir, berapa uang yang dikeluarkan untuk membeli sebatang rokok? jika uang itu dikumpulkan, tidak mustahil akan didapat uang dalam jumlah besar. uang yang didapat dapat dipergunakan untuk memperbaiki saluran irigasi walaupun sebenarnya pemerintah memiliki andil besar dalam perencanaan tata kota. namun, tidak ada salahnya jika kita mulai untuk membuat terobosan baru. diri, anak, cucu terselamatkan dari bahaya rokok dan banjir pun dapat ditanggulangi.

praktek memang tak segampang teori, dan untuk mewujudkan pikiran saya itu pun sungguh membutuhkan usaha yang sangat ekstra yang dapat terealisasikan entah kapan atau mungkin tidak sama sekali. setidaknya, kita punya hak untuk bermimpi, bermimpi untuk diri dan negara ini. 

tetap semangat untuk saling mengingatkan, semoga dihari tanpa tembakau sedunia ini sedikit banyaknya orang-orang dapat sdar akan bahayanya rokok, tidak hanya sekedar tahu. dan semoga semua permasalahan di negeri ini terselesaikan sedikit demi sedikit, aamiin.

selamat hari tanpa tembakau sedunia.....



gambar disponsori oleh:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...