Kamis, 24 Mei 2012

BBM&K dari hati ke hati

sedikit berbagi dari hati-ke hati tentang BBM&K walaupun saya bukanlah seseorang yang biasa atau bisa dibilang tak sekalipun pernah berdiri di depan saudara-saudara saya dalam suatu forum yang lain untuk saling terbuka membukakan pola pikir tentang sebuah pembinaan, dan saya juga bukanlah manusia sempurna yang menjalani pembinaan ini dengan mengikuti alurnya, dan tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan saya disini di fakultas yang saya banggakan hanyalah sebagai larva ulat sutera, baru dan belum ada pengalaman lebih.

tentang apa yang saya rasakan dan apa yang saya fikirkan, hanya ingin berbagi untuk dipikirkan bukan sebuah doktrin mengajak saudara-saudara saya disana khususnya untuk keluarga besar FARMASI UA. sekali lagi, saya bukanlah seorang manusia yang tak luput dari kesalahan...

bermula dari torehan tanganku saat mengikuti ujian bersama
, dan ketidak berhasilanku tak patahkan asa ku untuk menorehkannya kembali saat ujian selanjutnya, snmptn.teringat akan orangtuaku yang inginkan aku untuk kuliah di bidang kesehatan, sebuah harapan besar bertumpu padaku, dan bagiku, snmptn adalah pilihan terakhir untukku mewujudkan keinginan yang tak sepenuhnya tak sejalan dengan keinginanku.

sudah garis tangan, Allah memberikanku sebuah anugerah untuk ku syukuri, sebuah kabar gembira saat mendapatkan diri lulus pada pilihan pertamaku, FARMASI UA. saat aku mulai melangkah dan di sambut dengan senyuman, keramahan dan keterbukaan kutetapkan hati untuk menjalani jodohku ini dengan sepenuh hati.

dad, dedicate this gift for you there....

diawali dengan PHARMACOPE III, bersama orang-orang pilihan lainnya yang begitu asing bagiku, terkecuali beberapa orang yang ku kenal di jenjang pendidikan sebelumnya. awal yang mengesankan selama 3 hari pembuka. tugas yang mengharuskanku begadang menulis lembar demi lembar pada kertas folio. ketika disuruh datang bersamaan satu angkatan dan bersempit-sempitan di dalam bus kampus, evaluasi pertama lantai 3, untuk pertama kalinya merasakan duduk berbanjar memenuhi lantai 3 dan dihadapi berbagai pertanyaan untuk melahirkan sebuah SOLUSI. namun di tutup dengan kebersamaan yang indah bersama panitia.

dari sanalah, sebuah pembinaan bermula, dimana kami orang-orang yang sama-sama baru, melangkah memasuki sebuah sistem. sistem yang sebelumnya belum pernah kami rasakan dan yang belum kami ketahui sama sekali.

pengumpulan lantai 3 yang berkepanjang, hingga rutin tiap minggunya memberikan sebuah penolakan dihati, kami datang kesini untuk belajar, bukan untuk diberlakukan seperti ini! . sebuah kata yang terbesit saat aku masih memandang ini semua dari sudut pandang egoku sendiri. 

tak kupungkiri, ketika aku menjejakkan kaki bertitelkan mahasiswa, aku harus dihadapi pada suatu sistem pembinaan, sebuah tradisi bagi mahasiswa baru dengan tujuan untuk pengenalan, dan sejatinya batinku setuju akan sistem ini. namun pada perjalanan, batinku sering mengatakan tidak. sekali lagi, ini dari sudut pandang egoku.

tak bisa kupungkiri, menjalani masa-masa pra bbm&k merupakan sebuah beban berat bagi batinku. saat dihadapi tugas kuliah yang disusul puluhan tugas dari pembina, berat langkahku untuk jalani ini dengan sepenuh hati. lagi-lagi pengumpulan lantai 3, evaluasi yang menguras hati, tanda-tangan berjumlah puluhan setiap minggunya yang hanya bisa dikumpulkan dalam 4 hari ditengah sibuknya perkuliahan. dan penekanan INTERAKSI yang selalu di himbaukan komting angkatan. 

MUAK! ketika aku harus terus pulang sore sesore-sorenya pada hari jum'at dalam keadaan lusuh ke asrama, dan harus terus menangis setiap kali kakiku menginjak di ambang pintu dengan pertanyaan yang selalu sama, "kenapa???"

9 bulan aku harus menjalani ini semua.

1 april 2011, pembukaan BBM&K. babak baru dari lembaran cerita.
dperjalanan hingga sampai disini dipenuhi dengan rapat draft bersama KBMF, mempertahankan opini dengan perlawanan berbagai opini masukan dari para senior dan terkadang tak jarang kami temukan opini tak masuk akal yang menguji kekompakan, SATU SUARA angkatan kami.

rutinitas mengudang dan interaksi semakin meningkat selama perjalanan, dan sedikt "nyaman" saat duduk bersama senior dan mendengarkan pengalaman dari mereka. namun seperti sebuah siklus, ketika rapat draft yang selalu molor karena bermasalah dengan kehadiran senior. 

hingga sempat vakum selama satu bulan dikarenakan pembina yang merajuk.

pembukaan yang penuh dengan rangkaian acara yang menghibur satu sama lain dan diselingi dengan "BATAGAK GALA", pengenalan ULTIMATE sebagai nama angkatan dan ditutup dengan "evaluasi" dengan cara tersendiri. 
  dan rasa kekeluargaan itu mulai tumbuh.....

2 bulan kemudian, 12 juni 2011 kami berhasil mengangkatkan ANJANGSANA di panti asuhan anak mentawai ulu gadut. disibukkan dengan rapat, survey dan persiapan lainnya. semakin berat kendala yang kami jalani, namun
kekeluargaan itu semakin erat, dan semakin dekat...
28,29,30 oktober 2011. acara yang di nanti-nanti dan akhirnya terangkatkan. pertanda semua ini akan menemukan titik puncaknya. BF yang diadakan di nagari sikucur kabupaten padang pariaman. dibalut rangkaian acara bakti sosial, dan acara-acara lainnya hingga pengumuman kelulusan BBM&K.
dan kekeluargaan itu nyata adanya...
 15 bulan, banyak hal yang dapat diambil sebagai pelajaran. dan akhirnya "sudut pandang egoku" runtuh setelah kujalani.

tertatih memang, dan tidak untuk dipungkiri setiap insan pasti akan memberikan penolakan akan ini.

namun mari kita lihat dari sudut pandang lainnya, dimulai dari pelajaran akan teknik sidang yang tak didapatkan oleh fakultas bahkan universitas lain secara cuma-cuma. begitu banyak ilmu yang kita dapatkan secara cuma-cuma dibalik penggerutuan kita selama menjalaninya.

evaluasi, apakah ini hanya pengumpulan sia-sia? TIDAK! pelajaran besar yang didapat ketika kita di posisikan pada situasi yang mengharuskan kita berpikir cepat dan cerdas untuk melahirkan solusi untuk sebuah masalah. perlukah ini? PERLU! tidak bisa dipungkiri, untuk jurusan yang nantinya akan terjun ke masyarakat dan sebagai orang yang berpendidikan kita memerlukan ini untuk menjalani profesi yang nantinya akan bertemu dengan beragam tipikal orang dan bagaimana bersikap dibawah tekanan, merasa merugi kah?

tanda tangan buku emas yang melegenda, apakah ini perbuatan yang sia-sia? TIDAK! mari kita pikirkan bersama, saat kita mulai melangkahkan kaki tanpa tahu sedikitpun, kita lagi-lagi diberikan fasilitas cuma-cuma untuk menggali dan mencari tahu apa yang tidak kita ketahui dari interaksi buku emas. tidak hanya sekedar duduk dan bercerita lepas, sering kita mendapat pengarahan akan pelajaran, pengalaman dan pencerahan tentang masa depan.

tugas-tugas yang diberikan, dibekalkan untuk memudahkan kita untuk menerima meteri-materi yang diberikan selama BBM&K, dan apakah itu sia-sia? merugikan? TIDAK!

aku merasakan sebuah kebanggaan ketika dapat mengangkatkan acara sendiri, sebuah pelajaran yang diberikan bagaimana mengangkatkan acara dari yang kecil seperti pembukaan, hingga anjangsana dan acara besar seperti bakti farmasi yang sesungguhnya itu semua bisa dikerjakan oleh beberapa orang. namun disini kami diajarkan untuk berkoordinasi, dan masih banyak lagi. dan diperjalanannya AKU BANGGA UNTUK MENGATAKAN FARMASI ADALAH KELUARGAKU.

marilah kita inap-inapkan bersama, masih banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari ini semua, mungkin itu semua akan terasa disaat ini semua berakhir. dan percayalah, sistem ini baik adanya jika dilihat dari sistem-sistem sebelumnya. banyak perubahan yang telah diusahakan untuk BBM&K ke depannya.

cobalah dari sekarang, memandang sebuah masalah dan perjalanan hidup itu dari sudut pandang positif. tanamkan pada diri untuk selalu berpikir positif, insyaAllah, Allah SWT akan berikan pahala terhadap apa yang kau jalani dengan ikhlas.


AKU BANGGA KETIKA AKU MNJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR MAHASISWA FARMASI :)

INDAH UNTUK DIKENANG TAK INDAH UNTUK DIULANG :p






4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...