Senin, 18 November 2013

thibbun nabawi a.k.a cara hidup sehat ala Rasulullah


assalamu'alaikum larva's,,

kebetulan kesempatan kali ini saya mau berbagi ilmu yang saya dapati minggu lalu, tentang Thibbun Nabawi. yang maksudnya adalah cara hidup sehat ala Rasulullah atau pengobatan ala Rasulullah *pokoknya itu deh maksudnya  (_ _") tetiba pikunnya saya kambuh lagi.

jadi, seperti yang kita ketahui. Rasulullah memiliki fisik yang sehat dan daya tahan yang luar biasa, padahal jika dilihat dari kondisi jazirah arab itu sendiri terbilang keras, tandus dan panas dan luar biasanya beliau dapat bertahan dalam kondisi tersebut berpuluh puluh tahun dan puluhan kali peperangan yang telah dijalani beliau.

jadi kira-kira apa ya rahasianya? hmmm,, dari apa yang saya tangkap. saya mengambil kesimpulan, rahasianya adalaaaaaaaah.........*jengjengjeeeeeng

maaf pemirsa sedikit lebay --"


  • rasulullah itu selektif terhadap makanan
tiada makanan yang masuk ke dalam mulit beliau, kecuali makanan tersebut memenuhi syarat HALAL dan THAYYIB (baik). halal berkaitan dengan urusan akhirat seperti halal cara mendapatkannya dan halal zatnya. sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya, bergizi tidaknya makanan yang dikonsumsi


  • selalu aktif menjaga kebersihan
"mandi pada hari jum'at adalah wajib bagi setiap Muslim yang sudah baligh. demikian pula menggosok gig dan memakai harum-haruman" (HR Muslim).
rasulullah juga rajin bersiwak, dan menganjurkannya sebagaimana diriwayatkan:

dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: "sekiranya tidak memberatkan ummatku, niscaya aku akan perintahkan kepada mereka untuk bersiwak (menggosok gigi) pada setiap kali hendak shalat." (HR al-Bukhari dan Muslim) 
dan masih banyak lagi perkara fitrah dalam menjaga kebersihan tubuh seperti; mencukur kumis, memanjangkan janggut, bersiwak, beristinsyaq (memasukkan air kedalam hidung), memotong kuku, mandi, beristinja' dengan air, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, memakai wangi wangian dan berkumur-kumur.
  • tidur efektif dan tidak begadang
beliau tidak pernah tidur melebihi kebutuhan, namun tidak pula begadang kecuali setelah isya' beliau mempunyai majelis pengajian dengan sahabat. jadi rasulullah tidur di awal malam dan bangun pada sepertiga malam kedua. biasanya beliau bangun dan bersiwak, kemudian berwhudu' dan sholat sampai waktu yang diizinkan Allah.
  • rutin ber BEKAM
seperti yang diriwayatkan oleh Ahmad bahwa "sebaik-baiknya pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan hijamah (bekam)". rasulullah sendiri rutin berbekam setiap 3 bulan.
  • mengkonsumsi buah dan sayur
salah satu yang dianjurkan adalah mengkonsumsi kurma. Rasulullah bersabda, barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun. hal ini terbukti ketika seorang wanita yahudi yang hendak membunuh beliau dengan cara meracuni beliau lewat makanan beliau, racun tersebut dapat dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma yang beliau makan.
  • senantiasa optimis dan tak pernah putus asa


selain itu juga, rasulullah juga gemar meminum madu yang dicampur air untuk membersihkan air liur dan sistem pencernaan. 

dan beberapa gaya hidup sehat Rasulullah SAW adalah:
  1. bangun sebelum subuh
  2. etika masuk dan berada di toilet
  3. makan dan minum selalu duduk
  4. tidak pernah meniup hidangan yang panas
  5. selalu membaca basmalah ketika akan makan dan minum
  6. jika minuman dimasuki lalat, maka Rasulullah mencelupkan seluruh tubuh lalat dan meminum air itu
sekian dulu informasi yang bisa saya bagi dengan larva's semua, semoga bermanfaat. jika ada salah silahkan merujuk pada referensi yang lebih akurat, manusia penuh kekhilafan, maaf yah....

wassalam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...